Jumat, 17 Juli 2009

.:: CONTOH KEGIATAN MOS YANG PATUT DI CONTOH ::.

CIREBON, KOMPAS.com — Para siswa baru Sekolah Santa Maria dari tingkat TK, SD, SMP sampai SMA dikerahkan untuk menanam 1.000 pohon bakau atau mangrove di Pantai Panjunan Kota Cirebon, Sabtu (18/7).

Ketua Yayasan Santa Maria Cabang Cirebon Hildegardines kepada wartawan di Cirebon, Sabtu, menjelaskan sebanyak 585 siswa baru mulai dari taman kanak-kanak hingga SMA dikerahkan ke pantai guna menanam pohon mangrove.

Menurut dia, program itu pertama kali diadakan karena Santa Maria ingin ikut menyelamatkan bumi terkait pemanasan global. "Di samping itu, kami ingin menanamkan sesuatu yang membekas kepada siswa baru ketika mereka masuk Santa Maria. Dalam hal ini, menanam pohon," katanya.

Selain itu, Pantai Panjunan yang merupakan tepi Kota Cirebon selama ini banyak yang tergerus abrasi. "Kita prihatin dengan keadaan pantai seperti itu, dan kebetulan Sekolah Santa Maria tidak jauh dari pantai tersebut," katanya.

Cirebon memiliki pantai sekitar tujuh kilometer yang sebagian besar ditanami pohon mangrove, tetapi karena abrasi, banyak yang hanyut dan mati. Siswa diajak mempraktikkan apa yang didapatkan di sekolah tentang peghijauan, jadi mereka tidak hanya mengetahui teori.

Untuk keperluan penghijauan tersebut, pihak Santa Maria membeli bibit sebanyak 1.000 pohon. Selanjutnya, pohon yang sudah ditanam tersebut, dari pihak sekolah, senantiasa akan ikut memonitor dan memelihara agar ke depan ada hasilnya berupa pantai pasir yang hijau.

"Selain siswa baru, mereka yang dilibatkan dalam penghijauan tersebut juga dari kalangan keluarga besar Santa Maria, yakni para alumni, guru, dan para orangtua siswa, dengan harapan mereka dapat mengetahui persis apa yang dilakukan putra-putrinya di lapangan," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar anda telah kami, terimakasih.